Wednesday, October 8, 2014

2PA04-Tugas I-Kelompok 1-LAYANAN APLIKASI DI INTERNET

1.      Apa yang dimaksud dengan “www” ?

World Wide Web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian internet yang dapat diakses dengan software web browser. Sampai saat ini ada beberapa software web browser yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla dan Opera.
keunggulan World Wide Web adalah hyperlink. Hyperlink adalah teks (biasanya) berwarna biru dan (biasanya) bergaris bawah yang dapat di-click dan akan menuju ke halaman web yang lain. Hyperlink ini apat diletakkan di mana saja di dalam halaman web dan boleh diatur untuk menuju ke mana saja di seluruh web.

2.      Apa yang dimaksud dengan email ?

Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. Dengan email data dapat dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat dan juga kita dapat terhubung dengan siapa saja yang ada di internet tanpa mengeluarkan biaya pulsa lokal. Contoh dari email antara lain, www.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com.

3.      Apa yang dimaksud dengan search engine dan contohnya

Search engine atau mesin pencari adalah sebuah program yang dibuat untuk membantu dalam pencarian sebuah informasi di world wide web (www). Cara menggunakan search engine engan cara hanya mengetikkan suatu kata kunci atau yang biasa kita kenal dengan keyword. Selain halaman website, informasi yang ditampilkan bisa berupa gambar, video, atau tipe file lainnya. Search engine melakukan pendataan secarareal time dengan bersandar pada algoritma yang sudah teratur dalam web crawl. Inilah yang membedakannya dengan web directories (direktori web) yang biasanya melakukan pendataan manual oleh manusia (human editors).
 Yahoo! Adalah Salah satu contoh search engine . Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.

4.      Apa yang dimaksud dengan chatting dan contohnya

Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya. .

Chatting itu bentuknya seperti obrolan tapi dengan tulisan secara online. Chating biasa dilakukan dengan menggunakan jejaring social seperti Yahoo Messenger, Facebook, Google + atau yang lainnya. Gambaran lebih jelasnya seperti ini saya ambil contoh saja facebook, ketika anda online dan ada teman facebook anda yang onlin juga, kemudian anda menulis pesan untuk teman anda tadi dan teman anda membalasnya itu dianamakan Chatting.

5.      Apa yang dimaksud dengan netiquette dan berikan contoh kasusnya

Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.

Contoh kasus netiquette
ada seseorang yg membuat thread di www.kaskus.us tentang penjualan barang elektronik yaitu handphone lalu di thread yg di postkan oleh orang td itu ada orang yg mengomentari threadnya dengan cara memaki maki mengeluarkan kata kata yg sangat kasar dan menjatuhkan reputasi si pembuat thread tersebut . lalu comment itu pun langsng di hapus oleh admin yg bertugas di situs tersebuT.

Daftar Pustaka :
http://chandraaa-sarah.blogspot.com/2011/10/pengertian-netiquette-dan-contoh.html

Tabel Kinerja :
NO
NAMA
NPM
TUGAS
LINK
1
Alvien Mahira Gumay
10513731
Mencari data nettiquet dan contoh kasus
2
Fiha Farhana Fadlan
13513447
Mencari data tentang searc engine dan chatting
3
Nisa Qotrunnada
16513467
Mencari data tentang www dan email
4
Rahman Hadid
17513174
Mencari data tentang pengertian dan sejarah internet

5
Gina Nurul Huda
13513736
Mencari data tentang koneksi internet, layanan online, lembaga badan hukum dan ISP
6
Sarah Putri Melinda
18513268
Mencaridata jenis hubungan koneksi internet dan perangkat yang dibutuhkan untuk koneksi internet
http://sarahputrimelindaa.blogspot.com/2014/10/2PA04-kelompok1-layanan-aplikasi-di-internet.html


No comments:

Post a Comment